Sistem Pernapasan Hewan


.




Sistem Pernapasan
 Hewan

No.
Hewan
Proses
1
Porifera
Air yg mengandung O2 masuk melalui pori-pori tubuhnya à  O2 yang terlarut dalam air masuk melalui sel-sel permukaan tubuhny a yaitu KOANOSIT scr Difusi à di dalam mitokondria sel koanosit , O2 di gunakan untuk mengurai molekul organic menjadi molekul anorganik yang disertai Pelepasan CO2à molekrul – molekul CO2 yg terlarut dalam air akan bergerak berlawanan arah menuju membrane sel dan keluar menuju SPONGOSOL à air dalam spongosol digerakkan oleh flagellum sel koanosit dan mengalir keluar melalui OSKULUM.


2.
Coelenterata
Pertukaran gas terjadi scr Difusi pada sel di permukaan tubuh yang bersentuhan langsung dg air.

* Pada pernapasannya, Coelenterata mmiliki alat bantu berupa lekukan jaringan yang terdapat pd Gastrodermis, disebut SIFONONGLIFA.


3.
Cacing
( pernapasan integumenter )
O2 berdifusi ke dalam kapiler darah yang terdapat pada kulit
( melalui permukaan kulit yg lembab ) à O2 akan diikat oleh Hb  yg terkandung dalam darah cacing u/ diedarkan ke seluruh tubuh .

* Gas Hasil respirasi ( CO2 ) dikeluarkan dr tubuh juga melalui permukaan tubuh.


4.
Serangga
(system pem. trakea)

Pertukaran udara dilakukan dilakukan melalui lubang – lubang pernapasan  ( Spirakel / Stigma ) à jk. Otot berkontraksi  à spirakel terbuka dan trakea mengembang , sehingga udara luar masuk ke trakea àdr trakea udara masuk ke trakeola kemudian ke selruh tubuh dn akhirnya sampai ke membrane plasma sel dan O2 akan berdisfusi.

* CO2 hsil respirasi dibawa melalui system trakea yg akhirnya dikeluarkan melalui spirakel pd saat otot berelaksasi shg trakea mengempis.


5.
Ikan
Istilah – istilah :
a. Operkulum : tutup insang pada ikan bertulang
    sejati.
    fungsi : melindungi insang
b. Labirin: perluasan insang yang berlipat – lipat
    dan tdk  beraturan .
    Fungsi : tempat menyimpan udara.

Mekanisme pernapasan :
Fase Inspirasi :
Saat mulut ikan terbuka à air masuk ke rongga mulut à kemudian tutup insang menutup  à sehingga air yang sudah disaring oleh gerigi pada lengkung  insang akan mengalir ke dalam insang.

Fase Ekspirasi:
Saat mulut ikan tertutup à operculum terbuka dan air mengalir melalui calah insang.

* Mengalirnya air melalui celah insang akan menyebabkan air menyentuh lembaran insang à sehingga terjadi pertukaran gas. Darah melepaskan CO2 ke dalam air dan mengikan O2.
Dg demikian mekanisme pertukaran gas berlangsung pd fase ekspirasi.


6.
Reptilia
Fase Inspirasi :
Gas O2 masuk melalui lubang hidung à rongga mutà anak tekak à trakea yang panjang à bronkiolus pada paru-paru à masuk ke darah à jaringan tubuh.

Fase Ekspirasi :
Dari Jaringan tubuh àgas CO2 diangkut darah menuju jantung à dikeluarkan melalui paru-paru à bronkeolus à trakea panjang à anak tekak à rongga mulut à rongga hidung.


Sumber : Biologi XI

Your Reply